1.
Algoritma & Pemrograman
Oleh : Fahrorozi
A. Teori
algoritma “Suatu himpunan hingga
Intruksi yang secara jelas memperinci langkah-
~langkah proses pelaksanaan pemecahan
suatu masalah.
~Himpunan intruksi yang dimaksud harus
dapat dilaksanakan secara mekanik (dapat dibuat program komputernya).
~Pembuatan dan perancangan algoritma
serta penentuan struktur data yang tepat adalah bagian yang sangat rawan.
~Merupakan jantung ilmu komputer atau
informatika Lebih jauh, terdapat
Beberapa pengertian dalam masalah
Algoritma :
PROSEDUR, yaitu Himpunan hingga intruksi
yang bersifat diskrit, jelas serta dapat dijalankan secara mekanik.
SEMI ALGORITMA, yaitu Prosedur yang
mampu menghasilkan solusi, bila solusinya ada dan berhenti.
ALGORITMA, yaitu Semi Algoritma yang
mampu mendeteksi tidak adanya solusi, bila solusi memang tidak ada dan mampu
pula berhenti.
Contoh :
Penyelesaian komputasi akar bulat
positif dari suatu bilangan bulat
positif A.
Langkah penyelesaianya :
1)
Baca A
2)
Masukkan X sama dengan 1
3)
Hitung Y yang besarnya X.X
4)
Jika Y sama dengan A, maka cetak X sebagai akar dari A, selesai.
5)
Tambahkan X dengan 1
6)
Pergi ke langkah 3
7)
Bentuk Program dalam BASIC :
INPUT A
X = 1
Y = X*X
IF Y = A THEN PRINT X : END.
X = X + 1
GOTO 30
Jika A = 4 maka ada SOLUSI
Jika A= 5 maka tidak ada solusi &
Looping
KESIMPULAN
:
•
Bersifat mekanik
•
Dapat memberikan solusi jika ada dan mampu berhenti.
•
Tidak dapat memberikan keputusan jika solusi tidak ada.
SEMI
ALGORITMA
Jadi program diatas disebut :
•
Sebuah semi algoritma selalu
dapat berubah menjadi algoritma dengan mengubah beberapa langkah yang ada.
•
Solusi Program di atas : Tambahkan Intruksi Jika Y > A cetak “Tidak Ada Akar “ :
End
•
Persoalan : Dimana letak intruksi tambahan tersebut ?????
Sifat
– sifat algoritma yang baik:
1)
Banyak langkah hingga
2)
Tidak ada keragu-raguan dalam setiap langkahnya.
3)
Batasan dari rangkaian proses jelas.
4)
Batasan input dan output jelas.
5)
Batasan ruang lingkupnya jelas.
Belajar
memprogram belajar bahasa pemrograman
•
Belajar memprogram :
- belajar tentang strategi pemecahan
masalah, metodologi dan sistematika pemecahan masalah, Menuangkannya dalam
suatu notasi tertentu yang mudah dibaca, dipahami dan disepakati bersama.
- Bersifat pemahaman persoalan, analisis
dan sintesis
-Titik berat : designer program
Produk
yang dihasilkan pemrogram
•
Program dengan rancangan yang baik (metodologis, sistematis)
•
Dapat dieksekusi oleh mesin
•
Berfungsi dengan benar
•
Sanggup melayani segala kemungkinan masukan
• Disertai dokumentasi
•
Belajar Bahasa Pemrograman
•
Belajar memakai suatu bahasa pemrograman, aturan sintaks, tatacara
untuk memanfaatkan instruksi yang
spesifik untuk setiap bahasa
•
Titik berat : coder
Penyajian
Algoritma
• Natural Language
• Flowchart
• Pseudo-code
•
Diagram blok struktur program
• Diagram warnier
•
Tabel keputusan dan pohon keputusan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar