Kamis, 12 Mei 2011

TUGAS

"TUGAS ILMU BUDAYA DASAR"
 
Oleh : fahrorozi

 1.   Jelaskan hikmah cinta dalam kehidupan manusia!

2.   Mengapa manusia menciptakan keindahan?


JAWAB:


  • ·        HIKMAH CINTA DALAM KEHIDUPAN:
1.             Cinta adalah proses ujian yg keras dan pahit dalam kehidupan manusia apakah cinta itu dalam perjalanannya akan menghantarkannya kepada jalan yang mulia atau menghempaskannya kepada jalan yg hina.

2.           Jika tidak ada cinta maka di dunia ini tidak akan ada inovasi, pembangunan dan peradaban.

3.           Keberadaan cinta merupakan faktor dominan dalam melestarikan eksistensi manusia dan interaksinya dengan sesama manusia.
·                     Ketika cinta diarahkan kpd kebaikan, mk cinta dapat membawa keutuhan,perdamaian, kebaikan pada kehidupan bermasyarakat. 
·                       Cinta yg ditumbuhkan oleh factor keimanan, maka akan menghasilkan berbagai hal yg mengagumkan. Dapat mengubah sejarah, menegakkan puncak kejayaan dan kemuliaan dunia. Sebagai contoh adalah kehidupan generasi muslim pada masa dahulu. Dan masih banyak lagi hikmah yg lain dari adanya rasa cinta pada diri manusia.

     Hikmah Cinta itu sebenarnya sesuatu yang paling di butuhkan manusia (cinta) untuk menjalani hidupnya dengan lebih baik atau tidak ,pada awalnya mungkin cinta itu indah seperti perasaan yang sedang bahagia ,namun cinta dapat di  bagi-bagi dalam beberapa bagian ,contoh :
·                     Cinta pada orang tua dari sang anak yaitu kasih sayang yang begitu pentingnya dalam arti apapun akan di lakukan agar orang tua bahagia dari anaknya .
·                     Cinta pada pasangan yaitu kasih sayang yang dilakukan agar sang pasangan merasa lebih bahagia dan mencintainya juga ,dalam hal ini cinta dapat di artikan umpan balik ,jika kita mencintai seseorang maka secara tak sadar atau sadar dia juga akan mencintai kita juga .
·                     Cinta terhadap benda yaitu benda yang paling ia suka sampai-sampai tak mau kehilangan benda itu ,mungkin dalam hal ini cinta di artikan dalam bentuk nilai atau harga barang.

http://dyahratih.blogspot.com/2011/04/jelaskan-hikmah-cinta-dalam-kehidupan.html


  • ·        ALASAN MANUSIA MENCIPTAKAN KEINDAHAN ADALAH:
DASAR

Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya
Pengalaman "keindahan" sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional. Karena ini adalah pengalaman subyektif, sering dikatakan bahwa beauty is in the eye of the beholder atau "keindahan itu berada pada mata yang melihatnya."
Keindahan itu pada dasamya adalah alamiah. Alam ciptaan Tuhan. lni berarti bahwa keindahan itu ciptaan Tuhan. Alamiah artinya wajar, tidak berlebihan tidak pula kurang. Kalau pelukis melukis wanita lebih cantik dari keadaan sebenamya, justru tidak indah. Pengungkapan keindahan dalam karya seni didasari oleh motivasi tertentu dan dengan tujuan tertentu pula. Motivasi itu dapat berupa pengalaman atau kenyataan mengenai penderitaan hidup manusia, mengenai kemerosotan moral, mengenai perubahan nilai-nilai dalam masyarakat, mengenai keagungan Tuhan, dan banyak lagi lainnya.
Berikut merupakan motivasi mengapa manusia menciptakan keindahan:
1) Tata nilai yang telah usang
2) Kemerosotan Zaman
3) penderitaan manusia
4) Keagungan Tuhan

http://wahidjamet.blogspot.com/2011/04/alasan-manusia-menciptakan-keindahan.html

Tidak ada komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management