Rabu, 23 Januari 2013

Jenis - Jenis Kabel Jaringan Komputer

Jaringan Komputer Internet :
Jenis - Jenis Kabel Jaringan Komputer






Adapun jenis – jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainya, yang berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan. kabel jaringan yang digunakan ada 3 macamnya:

Kabel Coaxial


Coaxial Merupakan kabel jaringan yang dilapisi dengan 2 tingkat isolasi. Pada isolasi yang pertama terdapat seraut konduktor yang berfungsi sebagai konduktor untuk mengurangi pengaruh elektromagnetik,isolasi yang kedua terdapat plastic yang berfungsi sebagai pelindung untuk menghindari goresan dari kabel.

Kabel Fiber optic


Merupakan kabel jaringan yang dibuat menggunakan bahan dari filamen glass.transmisi data menggunakan fiber optic lebih cepat karena Pengiriman data ditransmisikan oleh pulsa cahaya untuk mengindarkan kehilangan data yang disebabkan oleh interferensi listrik.

Kabel Unshield Twisted Pair(UTP)


Merupakan Kabel jaringan untuk menyalurkan jaringan internet,dan di dalam kabel UTP ini di dalamnya ada 8 helai kabel kecil yang berwarna-warni yang memiliki dua kabel yang diputar enam kali per-inchi,yang tidak dilengkapi shield(pelindung internal) untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi listrik ditambah dengan impedensi, atau tahanan listrik yang konsisten.kabel ini sangat umum digunakan banyak orang karena harganya murah.


sumber : http://www.it-artikel.com/2012/10/jenis-jenis-kabel-jaringan-komputer.html

Tidak ada komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management